Heading News

Baca isi blog ini dengan teliti dan hati-hati, disarankan baca artikel dari awal. Segala masalah (kerusakan atau kehilangan data) menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
If you have questions/comments related to specific post please write questions/comments under the post. Otherwise you can write in ShoutBox.

Saturday 7 May 2011

[Bootloader] Penting Sebelum Upgrade ke Gingerbread

Proses upgrade Android secara umum bisa dilakukan melalui dua cara. Pertama lewat jalur resmi yaitu melalui penyedia gadget Android setelah mereka merilisi firmware terbaru. Cara kedua yaitu dengan upgrade manual atau flashing menggunakan Odin (untuk pengguna Windows) atau CWM.

Sebelum memutuskan untuk upgrade ke Gingerbread ada hal penting yang harus diketahui. Agar proses flashing ROM Gingerbread berjalan lancar pastikan kedua hal berikut dipenuhi:
  1. Pastikan 3 button combo berfungsi dengan baik. Keterangan lebih jelas bisa dilihat di sini.
  2. Download paket Gingerbread yang ada bootloader (penting jika Android masih menggunakan OS Froyo).
Di sini sedikit dikupas mengenai bootloader. Bootloader di Android memiliki versi berbeda untuk versi OS beda. Untuk pertama kali upgrade ke Gingerbread pastikan kita juga telah mengupgrade bootloader Gingerbread. Hal ini karena bootloader Gingerbread sama sekali berbeda dengan bootloader Froyo atau Eclair.

Untuk upgrade manual Gingerbread yang ada bootloader bisa dilakukan melalui Odin. Jika kita sudah pernah mengupgrade Gingerbread dengan bootloader maka jika ingin flash ROM Gingerbread lagi TIDAK perlu pilih ROM yang ada bootloader. Flashing beberapa kali bootloder cukup riskan, bisa menyebabkan brick HP Android.

11 comments:

rodeo said...

gan,, mo tanya wa punya galaxy i9000 tapi masih perwan, android eclair!!
nah wa punya rencana pengen upgrade ke gingerbreadm soalnya sekrg klo wa pake aktifin gprsnya semua program mndadak lelet. tolong minta sarannya, langkah pertama yang harus saya lakukan gmna? thanks

risco36 said...

sebelumnya perhatikan langkah yg di link ini: http://androina.blogspot.com/2011/05/mengaktifkan-3-combo-button-di-sgs.html. yang itu udah bisa belum?

rodeo said...

omm,,, semua persyaratan dah wa donlot cmna pas yang pe langkah 5 dan 6 ga isa, wa jalanin command promptnya cmn pas wa ngetik c:\adb muncul respon data not recognized, apa mungkin adbnya broken, mohon petunjuk

risco36 said...

untuk bagian itu, sebenarnya harus ngerti DOS command, cd.. cd 'namafolder' dsb

rodeo said...

finally,,, dah berhasil om 3 button combonya dah berhasil, nah skrang kan punya enclair klo mo upgrade k gingerbread isa langsung? apa harus ke froyo dulu? thanks

risco36 said...

langsung ke GB aja... downnload yg stock xxjvt di blog ini dl y

rodeo said...

klo yang rom fi inovation apa bedanya?

risco36 said...

kalo sempat baca artikel2 awal di blog ini. dgn status sgs skrang blm bs pake custom ROM.

rodeo said...

ooo,,, makasih sebelumnya,,
oke siap, saya minta petunjuknya aja dari suhu klo ada software yg terbaru!! klo isa add ym wa Jatikelana_cuncun87@yahoo.co.id supya lebih enak ngobrol dan belajarnya suhu!!! thanks

Unknown said...

para sesepuh dan mastah2 tologin ane banget,ane baru bei samsug galaxy s dari temen ane.pas ane beli gak ada maslah dan lancar semua.tapi ketika ane update stockrom via odin.langsung muncul tulisan"enter network lock"sepertinya hp saya tiba2 kelock.para mastah2 tolongin ane

risco36 said...

Sebelumnya jgn mencoba masukin code scr coba2, bs menyebabkan phone freeze. untuk unlock network td bs dicoba berberapa alternatif:
1. flash lagi handphone tp cari yg custom ROM
2. Download galxy unlocker, coba yg ini:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.spocky.galaxsimunlock&feature=search_result

3. Tanya ke operator sesuai dengan SIM card yg dipakai, simpati, XL dll. catat dl IMEI number.