Heading News

Baca isi blog ini dengan teliti dan hati-hati, disarankan baca artikel dari awal. Segala masalah (kerusakan atau kehilangan data) menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
If you have questions/comments related to specific post please write questions/comments under the post. Otherwise you can write in ShoutBox.

Tuesday, 14 June 2011

Lebih Detail tentang PDA, Modem (Phone) dan CSC

Jika kita sering keluar masuk forum yang ada hubungan dengan Android masih banyak pertanyaan-pertanyaan mengenai apa beda firmware PDA, Modem dan CSC (untuk gadjet Samsung). Di tulisan ini saya mencoba menjelaskan perbedaan ketiga istilah tersebut (isi akan diupdate jika ada informasi yang lebih jelas)

PDA
Istilah firmware PDA secara sederhana berarti Android itu sendiri. Sistem operasi dan program-program tambahan akan dinamakan sesuai nama PDA ini. Fungsi PDA sebagai user interface untuk fitur di HP seperti keyboard (swype), bahasa, waktu dan sebagainya. Misal kita ingin menggunakan tampilan arab, cina atau rusia maka kita harus memilih versi PDA yang mendukung tampilan tersebut.

Phone/Modem
Istilah Modem/Phone untuk Android bermakna firmware untuk chipset yang didesain untuk komunikasi jaringan wireless. Firmware ini berfungsi mengontrol koneksi WiFi, Bluetooth, jaringan 3G/2G/GSM dan GPS (optional).

Di dalam Modem ini tersimpan informasi hardware (driver) yang secara khusus disediakan untuk model HP tertentu. Kita tidak bisa flash/install modem untuk model HP yang berbeda.

CSC
CSC singkatan dari Country (Carrier) Specific Code berisi paket file yang secara spesifik berisi informasi jaringan network untuk wilayah atau negara tertentu. Paket CSC ini berguna jika kita ingin menggunakan fungsi mms, video call, 3G dan lain-lain tanpa harus mengedit secara manual.

Kita ambil contoh setting APN, jika kita menggunakan CSC yang sesuai (untuk Indonesia) maka setiap kali kita insert simcard akan otomatis terdeteksi APN sesuai jaringan apa kita pakai. Jika CSC tidak sesuai maka kita harus memasukkan secara manual.


FAQ
Q. Mungkinkan kita menggunakan PDA, Modem dan CSC yang memiliki versi berbeda di Android kita?
A. Mungkin dan bisa. Sebagian besar firmware PDA berfungsi dengan baik dengan Modem dan CSC berbeda.

Q. Bisakah saya update firmware eropa untuk Android Asia?
A. Bisa. Asalkan versi firmware dan model sesuai. Perlu diingat juga bahwa firmware yang 'kurang' sesuai berpengaruh kepada kualitas Android kita, misal sinyal tidak kuat, tidak bisa menangkap GPS, baterai boros dsb.

Q. Saya baru saja flash custom ROM baru, tapi HP sekarang tidak bisa konek 3G, kenapa?
A. CSC yang dipilih kemungkinan tidak sesuai untuk wilayah/negara Anda. Ini bisa diedit secara manual: Settings->Wireless and Networks->Mobile Networks->Access Point Names.

6 comments:

PTC TERBAIK said...

Thank'z atas sharex sob. .. ^_^

risco36 said...

u're welcome...

kaum.reggae said...

Bos..jadi kalau PDA nya kita menggunakan dari region singapore sedangkan CSC dan modemnya kita gunakan dari Indonesia itu bisa ya bos? Ada efek sampingnya gak bos?

risco36 said...

iya gak masalah...

Zoni M said...

gan pass nginstal rom kan cma pda aja, trus untukfile csc nya yg mana gan ? soalnya yang ane csc nya uknown

risco36 said...

coba download cscnya, biasanya kalo cari custom ROM dan ketemu PDA ada disertakan juga CSCnya.