Heading News

Baca isi blog ini dengan teliti dan hati-hati, disarankan baca artikel dari awal. Segala masalah (kerusakan atau kehilangan data) menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
If you have questions/comments related to specific post please write questions/comments under the post. Otherwise you can write in ShoutBox.

Sunday 22 January 2012

[Berita] S.O.P.A & P.I.P.A

SOPA (Stop Online Piracy Act) adalah RUU yang sedang dibahas di konggres Amerika untuk melawan pembajakan, termasuk pembajakan melalui internet. Rancangan undang-undang ini isinya antara lain memberi kewenangan pihak hukum agar bisa menyetop konten yang mengandung hak cipta, iklan dan bisnis ilegal.

Selain SOPA ada lagi RUU di Amerika yang sedang dibahas yaitu PIPA (PROTECT IP Act). RUU PIPA bertujuan untuk mengekang akses website yang melanggar hak cipta (bajakan) dan usaha meniru atau memalsukan barang/merek aslinya. PIPA lebih ditekankan untuk penyedia website (IP host) yang terdaftar di luar Amerika.

Dampak RUU tentu saja berakibat ditutupnya semua website yang menyediakan dan menyimpan isi yang melanggar hak cipta. Salah satu file hosting yang sudah kena imbasnya adalah MU (megaupload). Diberitakan beberapa bos/pendiri MU sudah kena tuntutan dan sekarang MU sudah ditutup. Jadi, kita lihat saja perkembangannya apakah RUU ini akan berimbas ke semua file hosting, forum-forum dan blog, termasuk blog ini :D.

No comments: