Heading News

Baca isi blog ini dengan teliti dan hati-hati, disarankan baca artikel dari awal. Segala masalah (kerusakan atau kehilangan data) menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
If you have questions/comments related to specific post please write questions/comments under the post. Otherwise you can write in ShoutBox.

Sunday 19 June 2011

Tip dan Trik untuk Fix/Lock GPS Galaxy S I9000

Pada saat awal beli SGS I9000 yang waktu masih menggunakan Eclair (Android 2.1) kualitas GPS dapat dibilang bagus. Setelah Samsung merilis Froyo mulai timbul masalah GPS yaitu banyak yang mengalami kesusahan untuk nge-lock lokasi GPS. Berbagai cara, tip dan trik ditulis di banyak forum, internet dan blog. Akan tetapi kualitas GPS masih tidak sempurna. Akhirnya banyak orang berkesimpulan bahwa masalah GPS di galaxy S I9000 adalah karena hardware bukan firmware.

Di tulisan kali ini saya akan menulis beberapa tip dan trik yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kualitas GPS di SGS I9000. Dari segi firmware yang berperan memperbaikit GPS adalah Phone/Modem. Untuk mengecek versi Phone/Modem kamu tekan *#1234#*. Di sana akan muncul informasi versi PDA, PHONE dan CSC. Nah versi PHONE inilah yang paling berperan terhadap kualitas GPS di HP.

Tanpa berpanjang lebar mari kita coba beberapa trik dan tip di bawah ini. Tutorial pertama lebih kepada trik hardware, cara kedua dengan modifikasi file gps.conf dan ketiga melalui proses CMW.

A. Trik menggunakan isolasi (double tape)
Trik ini saya dapatkan di forum XDA dengan menggunakan isolasi double tape. Buka penutup belakang SGS kamu dan siapkan double tape dan kertas karton yang relatif tebal. Alternatif karton bisa diganti sterofoam (styrofoam). Untu lebih jelas bisa dilihat gambar di bawah ini (bagian yang dibulati warna merah - klik untuk memperbesar).

Hardware GPS sebenarnya ada dibawah bagian yang ditutupi tersebut. Dengan memberikan sedikit tekanan, kualitas GPS terbukti dapat diperbaiki. Perhatikan baik-baik posisi dan panjang bagian yang ditempel. Jika bisa usahakan sama dengan gambar tersebut.

B. Tip modifikasi file gps.conf
Untuk cara kedua kita akan memodifikasi file gps.conf. Logikanya pada saat kita melakukan proses flashing ROM baru file gps.conf ini otomatis dibuat tergantung versi ROM yang kita pakai. Jika kita menggunakan ROM eropa maka setting file gps.conf juga akan disesuaikan untuk wilayah eropa. Jadi, kita perlu mengedit (menggantinya) dengan versi asia.

File yang perlu disiapkan:
Download kedua file di atas kemudian install SU file browser (SUFBS). Aplikasi ini berguna untuk masuk ke folder SU yang tidak bisa dilihat di browser biasa. Copy file gps.conf ke folder system/etc (disarankan membackup dulu file gps.conf yang asli). Untuk mengcopy file ini aktifkan Mount R/W (Read/Write), akan ada simbol S dan D di bagian menu bagian atas di SUFBS .

File gps.conf wilayah lain selengkapnya bisa didownload di link berikut:
C. Tip flash Modem melalui CWM
Cara ketiga dilakukan dengan mengganti modem melalui CMW. Pilihan modem sebenarnya tergantung zone negara atau wilayah. Modem favorit yang saya pilih biasanya ZSJPG. Bagi kamu yang pengen mencoba modem versi lain akan saya sediakan beberapa pilihan.

Perlu diingat bahwa daftar modem di bawah ini sudah dikompres menjadi file zip sehingga untuk flashing harus melalui CMW versi 3 bukan Odin. Jika ingin menggunakan Odin cari file modem yang memiliki eksetensi tar. Untuk recovery (CMW) versi 2 (biasa ROM Froyo) file berikut tidak bisa digunakan.
Alternatif link bisa didownload dari 4shared di sini.

Daftar modem juga bisa didownload dari xda ini (stock ROM) atau ini (deodexed ROM), thanks to [Ramad] @xda. Untuk link dari [Ramad] tersebut harus flash menggunakan Odin.

Versi di dalam kurungan yang menyatakan Froyo atau Gingerbread semata-mata hanya keterangan bahwa modem yang bersangkutan dirilis pada saat firmware Froyo dan Gingerbread. Meskipun dirilis pada saat firmware Froyo tetapi masih bisa digunakan untuk ROM Gingerbread.

Setelah melakukan tip dan trik di atas, kualitas gps yang bisa dicek menggunakan GPS tool (download dari market). Tampilan GPS Tool setelah lock posisi GPS bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Credits: XDA and Darky forum

No comments: