Heading News

Baca isi blog ini dengan teliti dan hati-hati, disarankan baca artikel dari awal. Segala masalah (kerusakan atau kehilangan data) menjadi tanggung jawab Anda sendiri.
If you have questions/comments related to specific post please write questions/comments under the post. Otherwise you can write in ShoutBox.

Thursday 29 December 2011

[Tutorial] Bagaimana Memulai Pemrograman Aplikasi Android

Sudah lama saya ingin menulis tutorial ini sebagai sarana belajar untuk diri sendiri dan mungkin kawan-kawan yang tertarik ingin belajar bahasa pemrograman Android. Tanpa mau berpanjang lebar di artikel ini akan saya tulis beberapa persyaratan dan perlengkapan apa saja yang diperlukan untuk memulai belajar bahasa pemrograman Android.

1. Persyaratan
Beberapa persyaratan OS yang memungkinkan untuk memulai Android: Windows XP (32-bit), Vista (32 atau 64 bit), Windows 7 (32 atau 64 bit), Mac OS X 10.5.8 atau terbaru (hanya yang x86) dan Linux. Tentang hardware sepertinya tidak ada masalah karena normal komputer yang ada sekarang memungkinkan untuk itu dengan kapasitas minimum yang tersedia sekitar 300-500MB. Untuk software yang diperlukan antara lain: Android SDK, Eclipse, ADT dan JDK.

2. SDK (Software Development Kit)
Pertama kita harus mengunduh dan menginstal Android SDK. Android SDK berisi berbagai fungsi dan contohnya yang nantinya dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi. Android SDK memerlukan JDK dan jika belum terinstal bisa didownload dari sini: JDK.

Setelah memilih daftar libary yand diperlukan, aplikasi installer akan segera mengunduh dan melakukan proses instalasi.

3. Eclipse
Kemudian kita perlu menginstal IDE Eclipse (IDE: Integrated Development Environment). Eclipse IDE bisa didapatkan dari link di sini. Anda bisa memilih Eclipse sesuai OS yang sedang dipakai, misalnya 'Eclipse IDE for Java Developers' (128mb).

4. ADT (Android Development Tools)
Untuk menambah ADT, jalankan Eclipse: masuk ke "Help -> Install New Software"

Lihat gambar di bawah ini dan perhatikan bagian yang digaris merah. Pilih 'Android Development Tools' dan instal plug-in ekstra ini.


5. Eclipse + SDK
Langkah selanjutnya kita harus mengintegrasikan antara SDK Android dengan Eclipse IDE. Di Eclipse pilih: 'Windows ->Preferences'.

Kemudian pilih 'Android' di panel sebelah kiri dan masukkan alamat tempat kita menginstal SDK (perhatikan bagian yang digaris merah).

Proses instalasi software berakhir sampai di sini dan kita perlu mencoba aplikasi Android.

6. AVD (Android Virtual Device)
Kita bisa memulai dengan membuat ADK (Android Virtual Device). Jalankan Eclipse dan masuk ke bagian 'Windows -> Android SDK dan AVD manager'. Pilih 'New" di bagian kanan
So, we have finished here. Now, we can create Android Virtual Device (to test our applications). Run Eclipse, goto Windows -> Android SDK and AVD Manager. Click ‘New’ here (at right side).

Kemudian kita perlu mengisi bagian yang penting: 'Name - nama untuk AVD kita', 'Target - pilihan untuk mendukung versi OS Android', selebihnya terserah Anda.


7. Mencoba Aplikasi
(Bersambung)

No comments: